Eksotisme Gua Maharani

Minggu (6/05/2012)  ini sy berkesempatan berkunjung di salah satu icon pariwisata Kabupaten Lamongan. Bukan di WBL (Wisata Bahari Lamongan) tapi di Maharani Gua And Zoo. tp, pada post kali ini sementara share yg Guanya dulu, Oke… ?!

Gua Maharani adalah sebuah gua yg terletak di kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Gua yang disebut juga sebagai gua Istana Maharani ini berada di kedalaman 25 m dari permukaan tanah dengan rongga gua seluas 2500 m2. Diketemukan tanpa sengaja pada tanggal 6 Agustus 1992 dan diresmikan sebagai obyek wisata pada tanggal 10 Maret 1994 oleh Bupati Lamongan (saat itu Muhammad Faried).

Gua ini letaknya sangat strategis dan menarik karena terletak di kurang lebih 500 m dari pantai Laut Jawa dan berada di tepi jalan Gresik-Tuban. Tidak jauh dari gua ini terdapat obyek wisata Wisata Bahari Lamongan atau yang terkenal dengan sebutan “Tanjung Kodok”.

Istana Maharani, demikian goa ini dinamakan oleh Bupati Lamongan R. Mohamad Faried, SH sesuai dengan kecantikan sinarnya dan berdasarkan usulan salah seorang pekerja penemu goa atas mimpi istrinya.

Nama maharani lahir dari mimpinya istri Sunyoto, sang mandor (penemu Goa bersama dengan 5 orang lain penggali coral bahan fosfat waktu itu). Malam sebelum ditemukannya goa, dia bermimpi melihat cahaya bunga­ – bunga yang sangat indah berwarna – warni yang di jaga oleh dua ekor naga raksasa bermahkota. Dua ekor naga tersebut kini divisualisasikan berbentuk dua patung naga dengan dua burung garuda penjaga pintu masuk gua yang disebut Gerbang Paksi Tatsoko.

Goa Maharani adalah salah satu Goa di Indonesia yang stalaktit dan stalakmitnya masih aktif atau masih hidup dengan pertumbuhan ± 1cm per sepuluh tahun. Dengan panjang rute 350 meter.

Di atap Goa Maharani terukir Stalaktit nan indah dan beraneka ragam bentuk yang menakjubkan yang terbentuk secara alami. Ada yang berbentuk Bintang, Beraneka bentuk bunga dan lain sebagainya.

Pada lantai Goa tertanam beraneka bentuk Stalakmite yang menawan dan bahkan ada yang membentuk miniatur sebuah hutan belantara.

Perpaduan antara Langit – langit Goa dan lantai Goa terdapat Pilar – pilar batu kristal yang sangat kokoh dengan bentuk anggun nan mempesona yang membentuk seperti Singgasana Raja, Gada dan banyak lagi yang bentuknya sangat Fantastik dan menarik untuk dikunjungi.

Untuk tiket masuk Maharani Goa and Zoo Rp 25rb (weekday) dan Rp 30rb (weekend). Selamat berlibur Kakak…. 🙂

Berikut hasil jepretannya….

NB: thanks to Wikipedia.com dan maharanizoo.com

Advertisements

About ubaygrafi

Suka sangat amat dengan travelling...
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s