Wisata Segoro Indah Dalegan (WISID)

Bagi warga Gresik, tentu sudah tidak asing lagi dengan objek wisata satu ini. iya, namanya WISID ato kepanjangannya yang sangat amat panjangnya Wisata Segoro Indah Dalegan. Wisid terletak di Desa Dalegan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. berjarak 36 KM dari kota Gresik dan 500 M dari rumah ane gan :). dahulu pantai ini disebut dengan Pasir Putih oleh masyarakat sekitar, biar nggak sama dengan Pasir Putih Situbondo ditambahi dibelakangnya dengan Pasir Putih Dalegan. namun, seiring dengan perbaikan-perbaikan yang dilakukan namanya diganti menjadi WISID.

salah satu kelebihan dari pantai ini adalah pasirnya yang lumayan putih + lembut ditangan (kayak deterjen aja). tidak heran, kalo lagi musim liburan ato hari libur nasional ato hari minggu pantai ini sangat amat rame. dari seluruh penjuru Gresik berbondong-bondong ke pantai ini. bahkan satu lapangan sepakbola penuh untuk parkir mobil. belum lagi satu halaman SD penuh untuk parkir sepeda motor. belum lagi parkir2 yang lain. jangan tanya macet apa nggak?! jelas macet kalo musim liburan… bisa itu di bandingin dengan macetnya ketika musim liburan di Puncak Jabar. (lebay mode on 🙂 ).

kelebihan yang lainnya adalah untuk tiket masuk, harganya sangat terjangkau untuk kantong backpacker semacam agan-agan :).. iya cuma Rp 2.500,-/orang, kamu sudah bisa menikmatin pemandangan sepuasnya. parkir motor cuma Rp 1.000,-. mau berenang tapi nggak bisa berenang jangan khawatir disini ada persewaan ban ato pelampung. hanya dengan merogoh kocek Rp 5.000,- sak pegele (sampai puas)…

akses ke tempat ini pun sangat mudah. kalo agan dari terminal bunggurasih (baca: purabaya) surabaya. agan cari bus jurusan terminal Osowilangon. dari terminal Osowilangon agan cari bus Armada Sakti, warnya hijau daun… sama bapak kernetnya minta turun di pertigaan desa prupuh kecamatan panceng ato kalo g gitu agan bilang saja mau ke WISID, kernetnya pasti tahu lah…perjalanan dengan bus memakan waktu sekitar 1,5-2 jam.  kalo tahun 2009 sih harga karcis busnya Rp 7.000,- sekarang mungkin naik. setelah sampai di pertigaan desa prupuh, agan bisa naik ojek. ada pangkalan disekitar situ. ato kalo mau dan kuat bisa jalan kaki. hanya butuh waktu 15-20 menit, berjalan ke arah utara.

kalo agan tidak kesasar, agan bakal nemuin palang besar bertuliskan SELAMAT DATANG di WISID.

biar g penasaran ni ane tunjukkin beberapa penampakannya hasil dari jepretan sendiri. ni ngambilnya pas pagi2 sekali sambil lihat sunrise, masih sepi banget dan satu lagi lagi kalo datang pagi2 kayak gini tidak dipungut biaya alias gratis tis tis… 🙂

Advertisements

About ubaygrafi

Suka sangat amat dengan travelling...
This entry was posted in Landscape and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s