Cara perpanjangan KTP

Rasanya tidak lengkap kalo kita sebagai warga negara Indonesia tidak mempunyai KTP alias Kartu Tanda Penduduk. bagi seorang mahasiswa seperti saya (sekarang sudah mantan mahasiswa) sangatlah membutuhkan KTP. tidak bisa tidak. setiap mengurus sesuatu pasti butuh yang namanya KTP. nah, sabtu pekan kemaren kebetulan KTPku sudah mati alias out of date. sehingga mau tidak mau aku harus memperpanjangnya. mau tahu cara memperpanjangnya gimana, cekidot 🙂 …

pertama, kamu mesti datang dulu ke kantor kepala desa (balai desa), buat minta formulir ato semacam form (g ada bedanya ya formulir sama form?!) yang form itu ditandatangani oleh kepala desa. pada langkah ini aku nggak ngeluarin duit.  padahal biasanya kan gitu ya… 🙂 tp karena aku g diminta sama petugasnya, ya sudah, pake terimakasih aja dah… (makasih pak 😉 )

kedua, setelah loe kamu dapat form dari kantor kepala desa. kamu langsung aja ke kantor kecamatan setempat. disana kamu diminta fotocopy KK+fotocopy bukti pembayaran pajak (klo kamu masih bebas pajak, alias g punya tanggungan pajak. kamu masih harus nyerahin bebas pajak milik ortumu). jangan lupa serain jg KTP aslimu.

ketiga, habis itu kamu dikasih tahu sama petugasnya “mas ini baru digarap langsung jadi kalo ada minimal 8 orang yg ngurus KTP” ato “masnya bisa ambil besok y”. karena berhubung aku terburu2 aku jawab “aku ambil minggu depan aja bu’ ya” dan ibu itu pun menjawab “iya gpp”.

keempat, dan minggu depannya KTP itu pun sudah jadi, terkena biaya Rp 15.000.

*cara perpanjangan KTP ini bisa berbeda antar daerah…

 

About ubaygrafi

Suka sangat amat dengan travelling...
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

